Kota Tarakan, Gerbang Utama Provinsi Kaltara


Kota Tarakan adalah  sebuah pulau kecil, salah satu kota yang masuk ke wilayah Kaltara sejak provinsi ke 34 ini dibentuk pada tahun 2013. Meskipun Kaltara  adalah provinsi terbaru tapi potensi wisata yang ada di daerah ini tidak bisa dipandang sebelah mata.  Ada lima daerah tingkat II yang tergabung dalam provinsi Kaltara;  Kota Tarakan,  Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung.


Letak strategis Kota Tarakan membuat Kota kecil ini bisa dikatakan memiliki fasilitas lebih lengkap  dibandingkan dengan empat kabupaten lainnya. Dan kelebihan ini tentu sangat menguntungkan Pemerintah Kota Tarakan, termasuk dalam hal pariwisata.  Meskipun tidak memiliki obyek wisata yang menonjol, Wisatawan tetap berdatangan ke Tarakan jika mereka ingin berkunjung di empat kabupaten lainnya. Selain Bandara Internasional Juwata Tarakan yang merupakan pelabuhan udara paling besar di Kawasan Kaltara, Tarakan memiliki dua pelabuah laut; Pelabuhan laut Malundung dan Juata (pelabuhan feri).  Transportasi udara dapat dilakukan dengan menggunakan pesawat seperti, Sriwijaya, Lion, Trigana dan Kal Star  dengan rute penerbangan Tarakan - Balikpapan,  Tarakan- Jakarta, Tarakan – Yogyakarta  dan Tarakan Surabaya. Bahkan terakhir sudah ada penerbangan langsung dari Tarakan ke Tawau (Malaysia) dengan  menggunakan pesawat MASwings .

Menyadari peran penting Tarakan di dunia pariwisata Kaltara, Pemerintah Kotapun terus melakukan pembenahan untuk  meningkatkan sarana dan prasarana pendukung pariwisata  sehingga wisatawan yang pada awalnya hanya sekadar transit menjadi tertarik untuk mengunjungi beberapa obyek wisata yang ada di Kota Tarakan.  

Untuk mendukung pariwisata di Wilayah Kaltara, Kota Tarakan juga telah siap dengan pilihan akomodasi berbagai tipe hotel melati hingga hotel bintang dan tentu juga  beberapa tempat  hiburan dan rekreasi. Kota Tarakan dari segi kesiapan boleh dikatakan telah siap menjadi gerbang utama wisata Provinsi Kaltara.  Beberapa obyek wisata baik alam, sejarah atau budaya  di Kota  Tarakan bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal dan manca negara  untuk berkunjung di kota kecil ini. Tarakan memang tak terlalu luas, dengan luas 657,33 Km. dan jumlah penduduk tahun 2012 kurang lebih 240.000 jiwa, pulau mungil ini memiliki keunikan yang  tidak dijumpai di wilayah Kaltara lainnya.

0 Response to "Kota Tarakan, Gerbang Utama Provinsi Kaltara"

Post a Comment