Merawat Rumah Bersama Anggota Keluarga

Tips Merawat Rumah - Merawat Rumah Bersama Anggota Keluarga

Rumah adalah tempat tinggal bagi sebuah keluarga, meski kadang ada juga penghuni tunggal di sebuah rumah. Pada umumnya rumah memang ditinggali oleh lebih dari satu orang. Bahkan di beberapa suku di Kalimantan satu rumah malah ditempati oleh banyak orang dari beberapa keluarga inti. Karena fungsi rumah sebagai hunian banyak orang inilah, Info Paguntaka  sengaja mengangkat topik merawat rumah bersama anggota keluarga.

Saya yakin, kita semua tahu bahwa rumah yang kita beli atau kita bangun dengan dana yang lumayan banyak tersebut memerlukan perawatan rutin agar hunian tempat kita tinggal senantiasa membuat kita merasa nyaman. Selain itu tentu dengan merawat rumah secara rutin akan membuat rumah kita menjadi tetap cantik dan awet meski termakan oleh usia. Sebuah rumah yang tak dirawat sama sekali bahkan dalam waktu kurang dari setahun  tak lagi layak untuk dihuni. Kalau pembaca tak percaya, bisa dibuktikan sendiri. 

 


Berbicara tentang perawatan rumah mau tak mau kita harus membahasa tentang dana yang harus dikeluarkan. Sebuah rumah mewah dengan luas halaman dan pekarangan yang luas pula bisa menghhabiskan jutaan rupiah untuk biaya perawatannya. Kalau saja pemiliki rumah tersebut adalah orang kaya yang memiliki penghasilan tinggi, tentu masalah biaya tersebut bukan merupakan satu masalah. Tapi, meski rumah kita hanya sebuah rumah sederhana, misalkan saja rumah type 36 minimalis dengan luas pekarangan tak lebih dari 6 x 1,5 meter, apakah kita harus mengeluarkan berjuta – juta uang juga untuk merawatnya?  Jawabannya bisa saja, tergantung bagaimana kita merawat rumah tersebut.



Salah satu tips merawat rumah dengan biaya hemat adalah dengan mengajak serta seluruh anggota keluarga untuk terlibat. Kalau saja sebuah keluarga terdiri dari lima orang, dan kemudian masing – masing kita beri tanggung jawab sesuai dengan kemampuan masing – masing tentu  kita bisa meminimalisir biaya perawatan. Selain itu, bukankah dengan mengajak serta  seluruh anggota keluarga untuk terlibat adalah sama juga dengan menanamkan sikap tanggung jawab. Kami yakin, nilai edukasi yang kita berikan pada anggota keluarga, terutama anak ini akan sangat bermanfaat baginya di kelak kemudian hari.  Tentu saja dalam memberikan pekerjaan dan tanggung jawab pada seorang anak harus kita sesuaikan dengan kemampuan mereka, baik fisik maupun psikisnya sehingga tidak menjadi beban yang memberatkan mereka.

Sebenarnya kami telah membahas beberapa tips merawat rumah di beberapa artikel sebelumnya. Tapi tips merawat rumah dengan melibatkan anggota keluarga ini adalah tips terbaru kami. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Jika pembaca berkenan, silahkan bergabung dengan Fan Page kami di Facebook, klik saja Rumah Minimalis Indonesia.  Nantikan artikel kami selanjutnya, selamat menjaga asset investasi berharga anda.


1 Response to "Merawat Rumah Bersama Anggota Keluarga"