Peluang Usaha Beternak Lebah Klanceng

Beternak Lebah Klanceng

Selama ini mungkin banyak diantara Paguntaker yang mengabaikan keberadaaan makhluk yang hidup berkoloni ini. Selain bentuknya yang kecil, lebih kecil dari lalat atau lebah madu (Apis Indica) yang lebih sering kita lihat, lebah klanceng bahkan sering dianggap sebagai pengganggu. Karena lebah klanceng atau  Apis Trigona ini sering tinggal di lobang – lobang kayu rumah tempat tinggal kita. Karena itu tak sedikit diantara kita yang mengusirnya dengan melakukan pengasapan atau pembakaran di dekat sarangnya.


Saya yakin, setelah membaca artikel singkat tentang lebah klanceng ini, pembaca paguntaka.info akan mulai terbuka pemikirannya. Jika tidak menjadikan lebah klanceng yang “terabaikan” itu sebagai lebah yang dibudidayakan, minimal saat melihat koloni lebah ini kita akan berpikir, lebah klanceng ini ternyata bisa diternakkan dan menjadi penghasil madu dengan harga lebih mahal dibanding madu lebah jenis lainnya! Di pasaran harga lebah madu klanceng bisa 2 atau 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan madu jenis lain.

Berbeda dengan lebah madu Apis Indica yang memiliki sengatan lumayan menyakitkan, lebah klanceng tidak mempunyai sengat. Jenis lebah ini banyak ditemui di daerah tropis dan subtropis yang bersuhu rata-rata di bawah 32 derajat celcius. Koloni di buat pada batang batang pohon, ruas bambu, lubang di tanah, bebatuan. Mereka menjadikannya sebagai rumah tempat hidup dan berkembang biak. Suhu ideal yang disukai trigona berkisar 18 – 24 derajat celcius, dengan kelembaban 60 – 70%.
Lingkungan yang paling disukai  Apis Trigona adalah lingkungan yang banyak terdapat pepohonan pengahasil bunga sebagai sumber makanannya.  Lebah klanceng memakan serbuk sari bunga. Pada beberapa penelitian, lebah klanceng memanfaatkan bunga dari tumbuhan yang ada di sekitar koloninya dalam radius 100 - 500 m.

Berminat untuk mencobaanya?...
Tunggu tulisan tehnis beternak lebah klanceng di artikel mendatang.
Salam Paijo....Paguntaka Ijo royo - royo...!

0 Response to "Peluang Usaha Beternak Lebah Klanceng"

Post a Comment