Bahaya Tidur Terlalu Banyak

Tak ada orang yang tidak memerlukan tidur. Kecuali dia memang mengidap Insomnia. Tidur adalah salah satu kebutuhan setiap orang karena dengan tidur maka tubuh yang lelah setelah beraktifitas seharian dapat bugar kembali sehingga aktifitas esok hari bisa dihadapi dengan stamina yang prima selain itu tidur juga dapat membantu merelaksasi pikiran pula setelah seharian beraktifitas. Idealnya seorang remaja harus memiliki waktu tidur 8 hingga 9 jam per harinya, usia 30 tahun keatas waktu tidur idealnya adalah 7 hingga 8 jam sedangkan orang yang lanjut usia waktu tidur idelanya lebih sedikit yaitu sekitar 5 hingga 6 jam. Ternyata bukan waktu tidur yang kurang yang dapat mengganggu kesehatan, tetapi tidur terlalu lama juga bisa mengganggu kesehatan, efek yang paling terasa langsung dari tidur terlalu lama adalah rasa pusing, berikut beberapa resiko dari tidur terlalu lama :
1. Depresi 
Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa tidur dengan durasi yang lebih lama meningkatkan resiko seseorang mengalami depresi lebih buruknya lagi pada usia lansia hal tersebut dapat memperburuk fungsi otak.
2.Persentase kehamilan menurun
Sebuah penelitian di Korea seorang wanita yang memiliki durasi tidur 9 hingga 11 jam memiliki peluang hamil lebih rendah dibandingkan dengan wanita dengan durasi tidur ideal.
3. Resiko Diabetes 
Orang dengan durasi tidur lebih dari 8 jam memiliki resiko dua kali lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2.
Source: http://www.bekantar.com

0 Response to "Bahaya Tidur Terlalu Banyak"

Post a Comment