Masjid dr H Jusuf SK, Masjid Paling Hijau di Kota Tarakan

Paguntaka.info - Memasuki pekarangan Masjid yang berada di areal Bandara Juwata Kota Tarakan ini langsung membuat hati teduh. Lokasi masjid yang beralamat sama dengan Bandara Juwata, Jl. Mulawarman 01 Tarakan tak sulit untuk dicapai. Meski tidak semegah Masjid Agung Al-Ma'arif ataupun Masjid Raya Baitul Izzah Islamic Center Kampung Empat, ada yang beda. Taman yang ditata apik dengan perawatan yang bagus membuat Masjid ini tampak indah. Meskipun memerlukan biaya yang tidak sedikit tetapi keindahan Masjid dr H Jusuf SK ini sepadan. Jamaah yang sempat beristirahat di beranda setelah menunaikan sholat bisa menikmati hijau teduh pepohonan atau tanaman hias yang ada di depan, samping kanan dan belakang Masjid. Bukankah Allah suka dengan keindahan?!





Masjid  dr. H Jusuf SK dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada hari Sabtu tanggal 23 Oktober 2010 oleh Menteri Perhubungan  Freddy Numberi , bersamaan dengan peresmian tiga bangunan fasilitas di Bandara Udara Kelas I Khusus Juwata Tarakan lainnya yaitu gedung baru kantor bandara, dan Taman Kanak-kanak  Ekadyasa.  Warna hijau mendominasi dinding dan atap Masjid, selaras dengan warna hijau tanaman hias dan pepohonan di sekitar Masjid.
Meskipun berada di dalam areal Bandara, Masjid tetap penuh saat pelaksanaan sholat Jumat.  Mobil rapi berjajar parkir di jalan masuk, sedang sepeda motor masuk di pelataran Masjid. Sepertinya jamaah yang berjalan kaki adalah karyawan atau pegawai Bandara atau para penumpang pesawat yang baru turun dari pesawat  dan menyempatkan untuk ikut sholat jumat di sini. Masjid dengan kapasitas  500 jamaah ini nyaris penuh.
Khotbahpun disampaikan;
“Anak yang sholeh dan sholeha adalah aset bagi kita, yang akan bisa menolong kita bahkan saat kita sudah dipanggil oleh Allah SWT. Karena itu tugas dan kwajiban kita adalah mendidik dan menjaga akhlak anak kita, agar mereka menjadi anak yang tidak hanya cerdas dan pandai saja, tapi berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan Islam”.


Ya Allah, berikan kami kekuatan untuk menjaga amanah ini, agar kami bisa terus mendidik dan mengarahkan generasi muda Islam yang Kau percayakan pada kami hingga kelak kemudian mereka akan menjadi pemuda dan pemudi yang membanggakan.  Amin Ya Robbal Alamin...

Setelah selesai sholat, alhamdulillah bisa ngobrol sebentar dengan Khotib, Pak Abdul Azis  yang ternyata dadakan didaulat menjadi khotib pengganti karena khotib utama berhalangan tidak bisa hadir. Meski sedang kurang sehat, Pak Aziz tetap bersedia naik mimbar. Trims Pak Ustadz, semoga selalu diberi kesehatan  dan bisa ketemu lagi di Masjid dan pada Jumat yang akan datang.

===========&*&===========


Sudah Tahukah Anda...?!
“Sebelum menjadi masjid yang begitu besar seperti sekarang, dahulu Nabawi merupakan lahan kosong dengan sejumlah pohon kurma yang tumbuh di atasnya. Lokasi pembangunan masjid ini merupakan tempat pemberhentian pertama unta yang ditunggangi Rasulullah ketika tiba di Madinah.”

1 Response to "Masjid dr H Jusuf SK, Masjid Paling Hijau di Kota Tarakan"

  1. Tamannya tertata bagus. Salut sama takmir masjid yang bisa mengelola dengan apik

    ReplyDelete