Membuat Pot Dari Karung Bekas II

Karung bekas memang bisa kita manfaatkan sebagai media pot, meskipun ketahannya tidak bisa bertahan lama. Maka sebaiknya, kita manfaatkan hanya memanfaatkan karung bekas tersebut sebagai pot sementara, karena bisa jadi kita belum punya pot yang cukup besar untuk tanaman tabulampot yang sudah tak muat ditempatkan di polybag.

Artikel Membuat Pot Dari Karung Bekas II ini meruapakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, yang kali ini akan membahas bagaimana membuat pot cantik dan unik dengan menggunakan karung bekas sebagai mal atau media cetakanya. Agak sedikit ribet, tapi karena kita tidak punya mal pot yang permanen (seperti yang dipakai para penjual pot), pemanfaatan karung bekas tidak terlalu sulit untuk kita coba. Dan kelebihan pot ini adalah kekuatan dan bentuk yang bisa kita buat sesuka hati dan selera kita sendiri. Kekuatan tentu karena kita yang membuat sendiri,  kita juga yang mengatur komposisi campuran yang kita buat.


Bahan bahan yang diperlukan:
a. semen
b. pasir
c. karung bekas (bekas tempat gula atau pakan ternak 50 kg)









Langkah - langkah:
1. Kita isi karung bekas dengan pasir dan ikat bagian atas untuk menghindari kemasuan air hujan dan sekaligus membuat cetakan tidak goyang. Anda bisa menggantikan pasir dengan styrofoam jika anda aga kerepotan menggunakan pasir yang cukup berat bobotnya.
2. Siapakan adukan semen dan pasir dengan perbandingan 1:3 (1: semen, dan 3 pasir)
3. Buat bagian bawah (alas) pot dengan ketebalan 2 atau 3 cm
4. Buat lubang pembuangan dengan menggunakan kertas yang di bulatkan atau potongan pelepah pisang.
5. Letakkan cetakan karung yang sudah diisi pasir dan mulai melapisi karung. Usahakan lapisan pertama tidak terlalu tebal agar campuran bisa menempel pada karung.
6. Tunggu hingga 5 atau 6 jam untuk lapisan kedua.
7. Buat sabuk penguat di bagian atas untuk memperkuat pot, dan sekaligus sebagai aksesori yang bisa mempercantik pot.
8. Setelah kering dan kuat, keluarkan pasir dan karung dari dalam pot.
9. Pengecatan
10. Pot siap digunakan untuk tabulampot.


Beberapa orang teman yang sempat melihat langsung pot made in sendiri ini, rata - rata berkomentar tentang keuikannya. Ya tentu saja unik, karena tak ada pot  dengan  cetakan karung bekas ini tak ada yang bisa sama, dan tentu saja tidak ada dijual di toko...

Semoga bermanfaat. 
Salam Paijo... , Paguntaka Ijo, hijaukan halaman dan sekitar kita!

0 Response to "Membuat Pot Dari Karung Bekas II"

Post a Comment