Jumat Keduabelas; Masjid Surau Gadang Pasir Putih Tarakan

Info Paguntaka –  Dulu saat pertama kali melihat nama masjid Surau Gadang saya langsung teringat dengan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis, sastrawan Indonesia yang berasal dari Padang Sumatera Barat. Kemudian muncul pertanyaan, adakah kaitannya Masjid Surau Gadan dengan cerpen fenomenal tersebut? Beberapa kali mampir untuk sholat di Masjid tersebut, pertanyaan saya belum terjawab.




Masjid Surau Gadang berada di Jl. Bhayangkara RT 64 Pasir Putih, Kelurahan Karang Anyar, Tarakan, Kaltara. Lokasinya strategis, berada di pinggir jalan besar, dekat dengan kompleks Markas Brimob. Masjid yang bangunan semula dari kayu ini sudah direnovasi ini memiliki dua lantai; lantai satu untuk tempat wudhu, kamar kecil dan ruang kegiatan TPA  Luas Masjid, 20 x 25 M, sanggup menampung 200 orang jamaah sekaligus.






Jamaah sudah hampir penuh, saya tidak bisa masuk kedalam ruang utama masjid. Alhamdulillah saya masih kebagian tempat di dekat pintu masuk dari samping, sehingga cukup bagus untuk mengambil foto Khotib yang sudah naik di atas mimbar.

Khotib, Ustad Marji mengawali khotbah dengan salam, ucapan syukur, sholawat dan berwasiat untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa. Selanjutnya khotib mengutip; QS. Al Baqarah: 183
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”

"Ayat diatas adalah gambaran bahwa wajibnya puasa adalah orang mukmin sekaligus bertaqwa. Orang bertaqwa memiliki ciri - ciri: Selalu menjalankan yang diperintahkan oleh Allah, meskipun menanggung beban yang sangat berat. Puasa adalah ujian yang berat, karena kita harus menahan dahaga, lapar dalam waktu yang telah ditentukan selama satu bulan penuh."

Dalam satu hadist Nabi Muhammad SAW bersabda;

"Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (ridha Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu".  (HR. Bukhari).

Dalam hadits lain disebutkan:

“Barangsiapa yang bergembira datangnya bulan Ramadhan, diharamkan Allah jasadnya menyentuh api neraka”. (An-Nasa’i).

Alhamdulillah, bisa mengikuti sholat Jumat hingga usai, bisa bersilaturahmi dengan seorang teman lama, Cak Narto... yang ternyata adalah jamaah Masjid Surau Gadang, bisa silaturahmi dengan ta'mir Masjid Pak Kuswanto yang ramah menyambut Info Paguntaka, bisa bersilaturahmi dengan pembaca semua. Semoga Allah memberikan rizki yang berlmpah dan umur panjang yang barokah pada kita semua,.. Amin.
===========&*&===========


Sekadar Info
"Masjid Agung Jawa Tengah memiliki kubah yang berdiameter 20 m, dan 4 menara  dengan tinggi 62 meter dan salah satunya terpisah yaitu Menara Asmaul Husna (Asmaul Husna Tower) yang memiliki tinggi 99 meter."


0 Response to "Jumat Keduabelas; Masjid Surau Gadang Pasir Putih Tarakan"

Post a Comment