Jumat Kesembilan; Masjid At Taqwa Aspol Kampung Bugis Tarakan

Info Paguntaka – Anda tak akan bisa melihat Masjid At Taqwa ini dari Jalan Jend Sudirman, karena letak masjid agak jauh dari jalan raya. Bagi jamaah yang tidak biasa sholat jumat di sini mungkin agak kerepotan karena letaknya memang berada di tengah kompleks Asrama Polisi Kampung Bugis.






Sayang saya agak terlambat, khotib telah menyampaikan khotbahnya beberapa menit ketika saya masuk di Masjid, akibatnya bahkan saya tidak bisa masuk di ruang utama. Padahal, di Masjid Al Bahri jumat lalu sudah diingatkan, untuk segera menuju masjid saat dipanggil muazin untuk menunaikan sholat Jumat.


Persiapan menghadapi Ramadhan masih menjadi tema khotbah. Ustadz Kamal, SH, M.Pd menyampaikan empat hal yang perlu kita cermati sebagai persiapan menyambut Ramadhan yang semakin dekat.
1. Keimanan
2. Jasmani
3. Keilmuan
4. Harta
Empat poin yang saling terkait tersebut Insha Allah akan bisa membuat amalan ibadah kita maksimal saat Ramadhan nanti.  Khotib di akhir khotbahnya mengajak semua jamaah untuk tidak hanya memanfaatkan masjid sebagai tempat menunaikan sholat saja, tapi juga mengisi dengan kegiatan dakwah dan keilmuan dengan lebih menyemarakkan majlis taklim.


Selesai sholat Jumat, saya menghampiri Ustadz Kamal yang berbincang akrab dengan beberapa Jamaah.
"Sebelum pindah ke Juata Permai, saya dulu tinggal di lingkungan sini, karena itu saya tahu bagaimana kegiatan keagamaan di Masjid ini. Silahkan tanya - tanya sama pengurus Masjid jika ingin tahu kegiatan apa saja yang dilaksanakan di sini Mas..."





Qs. QS. Al Baqarah ayat 185
Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” 
===========&*&===========


Sekadar Info


Masjid Al-Irsyad Padalarang, Kab. Bandung Jawa Barat yang mulai dibangun pada tahun 2009 memiliki dinding yang unik. Bertuliskan kaligrafi di bagian luar masjid; 2 kalimat syahadat "Laillaha ilallah Muhammadarrasulullah". Kaligrafi ini sangat besar karena selebar dinding Masjid.


0 Response to "Jumat Kesembilan; Masjid At Taqwa Aspol Kampung Bugis Tarakan"

Post a Comment