Jumat Ketigabelas; Masjid Al Falaq Karang Anyar Tarakan

Info Paguntaka –  Setahun lalu saya pernah sholat Jumat di sini, di Masjid Al Falaq atau Subuh. Namanya sama dengan surat ke 113. Berada di pinggir jalan Flamboyan, RT 30 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Perlu diketahui, Karang Anyar termasuk wilayah padat penduduk dan jumlah RT terbanyak se Kota Tarakan, 70 RT.



Setelah mengambil air wudhu segera saya mencari tempat yang strategis. Sholat jumat pertama di bulan Ramadhan kali ini harus bisa mengikuti khotbah dengan jelas, kalau tidak bisa - bisa ngantuk saat khotib menyampaikan khotbahnya.

Khotib, Ustadz Khoirul mengingatkan jamaah dengan mengajak menghitung umur dan mempertanyakan sudah berapa Ramadhan yang kita lewati.

"Setiap kemuliaan selalu didasari oleh perjuangan...."

Kita bisa belajar dari seekor ulat.
Binatang yang tidak disukai manusia ini, karena wujud dan kebiasaanya, bahkan suatu saat ulat bisa menjadi penyakit bagi manusia.

Tapi ulat sadar, tidak selamanya manusia akan membenci dirinya. Karena itu dia berjuang agar dia bisa menjadi binatang yang disukai manusia. Dengan berpuasa menjadi kepompong,  ulat tidak makan dan minum selama 16 hari dia bisa berubah menjadi kupu - kupu. Hewan dengan warna cantik yang disukai oleh manusia.





Masjid yang semula Langgar Al Falaq merupakan wakaf dari Almarhum Bapak Jumelang ini secara resmi dibangun menjadi Masjid pada tanggal 06 Desember 2006. Saat Paguntaka melakukan Jumat Keliling Kota,   memang tak ada kaligrafi di dinding dan langit - langit Masjid Al Falah seperti sebagian besar masjid yang ada di Tarakan. Ketika ditanya, salah seorang pengurus ta'mir dengan tegas menjawab, sengaja tidak memasang kaligrafi. Sempat kaget sesaat, tapi ternyata kesengajaan itu ada alasannya.
"Ya,.. kami memang sengaja tidak memasang kaligrafi. Karena dalam waktu dekat, Masjid akan direnovasi."

Mumpung bulan puasa, yang berminat membantu renovasi, silahkan mampir sholat ke Masjid dan masukkan infaq anda di kotak amal yang sudah disediakan. Atau kalau ingin membantu dalam bentuk material, bisa langsung menghubungi ta'mir Masjid.

===========&*&===========


Sekadar Info
"Selain untuk beribadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga ditujukan  untuk objek wisata religi. Masjid ini menyediakan fasilitas penginapan 23 kamar dengan berbagai kelas. Masjid dilengkapi dengan museum Kebudayaan islam di lantai 2 & 3, dan terdapat kafe muslim di lantai 18 yang dapat berputar 360 derajat."

0 Response to "Jumat Ketigabelas; Masjid Al Falaq Karang Anyar Tarakan"

Post a Comment