Beternak Sapi Untuk Meningkatkan Penghasilan Keluarga



Di sebuah seminar Meningkatkan Perekonomian Keluarga  yang diadakan di salah satu kota besar di Jawa Tengah, mengajak para peserta yang rata – rata adalah pasangan suami istri melakukan kunjungan ke sebuah desa yang sukses mengelola peternakan sapi. Ketua rombongan sekaligus pembicara utama saat seminar menceritakan bagaimana sapi di desa tersebut memiliki kelebihan dibanding sapi di daerah lain. Karena kelebihan itulah peternakan sapi di desa ini menjadi percontohan yang sering didatangi peternak daerah lain untuk melakukan studi banding.

 

Pembicara: “Bapak Ibu jika kita pintar memilih bibit sapi, maka hasil yang kita dapatkan juga akan maksimal. Sebagai contoh sapi yang ada di kandang paling depan itu adalah sapi asli dari India. Sapi ini sungguh perkasa, sehari bisa kawin 4 kali dengan sapi betina.”

 

Ibu: “Lha .. Pak sapi yang hebat ni Pak. Bisa 4 kali sehari...”

 

Pembicara: “Sapi yang di kandang no 2 sapi asli Australia Bapak dan Ibu. Dia lebih hebat lagi sehari bisa 8 Kali. Bayangkan, berapa anak bisa dihasilkan”

 

Ibu: “Pake.. Sapi ini lebih kuat lagi!!!  8 kali... jamunya apa ya?!”

 

Si Bapak masih diam tak bereaksi sama sekali.

 

Pembicara: “Terakhir,.. di kandang no 3. Ini sapi jenis baru temuan dari para peternak sendiri; sapi campuran India, Australia dan Indonesia. Sapi ini sanggup 15 kali dalam sehari dan hanya beristirahat satu hari, pada hari minggu!”

 

Ibu: “Pake kita beli sapi yang ini saja untuk bibit di rumah. Sekalian bisa kita pelajari kelebihan dan kehebatannya nanti ya?!

 

Pembicarapun tersenyum lebar.

Bapak: “Pak, maaf kalau lancang,..sapi jenis baru ini kawin  bisa 15 kali sehari  apakah dengan sapi betina yang sama ?!

 

Pembicara: “Ya..  jelas dengan sapi betina yang beda-beda toh.”

 

Bapak: “Bagimana, Bune kita beli sapi yang pertama saja ya, lebih masuk akal dan mudah dipelajari?!"

 





Inspirasi Paguntaka

 

 

"Selera humor adalah bagian penting seni kepemimpinan. Humor penting untuk bergaul dengan berbagai kalangan dan memudahkan penyelesaian pekerjaan."
--Dwight D. Eisenhower--

0 Response to "Beternak Sapi Untuk Meningkatkan Penghasilan Keluarga"

Post a Comment