Mahkota Hijau Sang Raja

"Penyair kecil itu sangat sibuk merangkai
kata-kata dan dengan berbagai cara
menyusunnya menjadi sebuah rumah
yang akan dipersembahkan kepada ibunya."
...............................
PENYAIR KECIL
Joko Pinurbo


Masa kecil selalu penuh dengan warna, nyaris sama untuk semua orang, warna - warni. Kenangan masa kecil sering bisa membuat kita tiba - tiba tersenyum. Bahkan kenakalan yang pernah kita lakukan saat puluhan tahun silam itu bisa menjadi kenangan indah yang tak bisa hilang dari ingatan.

Mungkin tulisan sederhana  ini bisa memicu pikiran beberapa pembaca yang tertarik dengan judul Mahkota Hijau Sang Raja. Tentunya, untuk yang tertarik dan kemudian membacanya. Puluhan tahun silam, saat kanak - kanak ternyata banyak diantara kita yang memiliki permainan yang sama. padahal, waktu itu tentu tehnologi komunikasi masih tidak secanggih sekarang. Kenangan permainan menjadi raja dengan mahkota hijau yang dibuat sendiri oleh tangan -  tangan kreatif anak kampung masa lalu ini ternyata dialami oleh banyak kawan - kawan saya yang sempat saya tanyai langsung sambil menunjukkan foto bocah kecil dengan mahkota daun di kepala. Dan rata - rata mereka memiliki jawaban yang sama saat saya menjawab pertanyaan,.. bahan yang digunakan adalah daun nangka!




Merangkai daun nangka dengan sapu lidi dan menjadikan sebuah mahkota untuk sang raja adalah sebuah permainan kreatif yang bisa menyadarkan anak tentang manfaat tumbuhan bagi kehidupan.

Paling tidak saya telah sampaikan pada anak saya;
"Dulu Bapak dan teman - teman pernah membuat mahkota daun seperti ini, tapi bukan dari daun Jambu Air. Dulu Bapak bikin dari daun nangka!"



0 Response to "Mahkota Hijau Sang Raja"

Post a Comment