Cara Mengatasi Lantai Rumah yang Lembab dan Berjamur Paling Ampuh

Rumah haruslah membuat para penghuninya nyaman. Untuk membuat rumah terasa nyaman, anda harus rutin merawatnya. Apabila terjadi kerusakan, anda harus segera mengatasinya. Hal ini tak terkecuali pada lantai rumah anda. Lantai rumah yang jarang mendapatkan perawatan mudah mengalami kerusakan ataupun masalah lainnya, seperti lembab. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lantai rumah yang lembab tersebut. Cara mengatasi lantai rumah yang lembab ini pun bisa anda lakukan sendiri.


Meski bisa dilakukan sendiri, namun jika anda kurang yakin dengan hasilnya, maka anda juga bisa meminta bantuan kepada ahlinya. Perlu untuk anda ketahui, lantai yang lembab tentu saja merusak penampilan rumah anda. Pasalnya, lantai yang lembab seringkali ditumbuhi jamur. Disamping itu, lantai yang lembab juga bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. Untuk anda yang lantai rumahnya mengalami permasalahan tersebut, anda bisa lakukan beberapa cara mengatasi lantai rumah yang lembab berikut ini.

Cara Mengatasi Lantai Rumah yang Lembab


Berikut ini kami bagikan beberapa cara mengatasi lantai rumah yang lembab selengkapnya untuk anda.

Ditutup dengan bahan yang sesuai


Dalam melakukan perbaikan lantai rumah yang lembab, anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika resapan air ke permukaan lantai masuk melalui nat, maka nat ditutup dengan material yang kedap air. Sementara jika lantai lembab yang bukan kedap air, maka seluruh lantai yang lembab tersebut harus dibongkar sampai kedasar bagian pasirnya. Diatas bagian pasir tersebut anda lapisi dengan lembaran plastik. Setelah itu, pada atasnya dilapisi dengan campuran spesi yang memang kedap air. Perbandingan bahan ini sebesar 1 pc : 2 pasir tebal 3 cm. Lantai ini sudah bisa dipasang.

Mengubah posisi permukaan lantai


Saat lantai rumah anda mengalami permasalahan lembab yang berlebih, anda bisa ubah posisi permukaan lantainya. Pastikan permukaan lantai rumah anda berposisi lebih tinggi dari permukaan tanah luar. Pasalnya, kemukinan besar jika posisinya lebih rendah dari permukaan tanah luar, maka akan terjadi kelembapan pada lantai. Apalagi jika ada genangan air diluar rumah, maka bisa meresap masuk rumah. Rumah pun akan selalu lembab dan terasa tidak nyaman.

Penyemprotan cairan fungisida


Lantai rumah yang sudah lama lembab seringkali memunculkan jamur yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan penyemprotan cairan fungisida terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membunuh jamur. Tunggulah sampai jamur mati. Setelah itu, bersihkan kembali dengan menggunakan sabun dan air. Berbeda apabila lantai rumah tak terlalu lembab, akan tetapi telah menimbulkan jamur. Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan lantai tersebut menggunakan cairan pembersih lantai, pemutih, ataupun deterjen. Gunakan kain lembut untuk membersihkannya dan bilas hingga bersih.

0 Response to "Cara Mengatasi Lantai Rumah yang Lembab dan Berjamur Paling Ampuh"

Post a Comment