Buah Nangka Anda Busuk, Ini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Buah Nangka Busuk Di Pohon

Ada yang gak suka buah nangka?

Kayanya kok hampir gak ada ya, kecuali yang mempunyai gangguan lambung aja yang gak suka buah satu ini. Buah nangka termasuk buah populer di Indonesia yang mudah gampang ditemukan di berbagai daerah. Bahkan di beberapa daerah, ada yang warganya memiliki minimal satu pohon nangka. Selain karena buahnya memang lezat, menanam buah nangka juga tidaklah terlalu sulit. Biji nangka yang terbuang tanpa sengaja bisa tumbuh besar dan berbuah, meski tanpa perawatan.

Meskipun banyak orang yang suka dan gampang ditanam, tapi sayang di Tarakan, Kalimanta Utara buah nangka termasuk buah berharga tinggi. Jika anda kebetulan berkunjung ke bumi paguntaka dan melihat ada penjual buah tengah menggantung buah nangka di kiosnya, jangan heran kalau mereka membandrol 100.000,- 200.000,- rupiah. Harga buah nangka di kota kecil ini memang cukup tinggi.

Tingginya harga buah nangka bukan saja karena tidak banyak warga yang menanamnya, tapi juga karena faktor perlakuan buah yang memerlukan energi ekstra. Di Tarakan anda tidak bisa membiarkan buah nangka anda terbuka begitu saja di pohonnya jika anda ingin memetik dan memakan buah beraoma kuat ini saat matang di pohon nanti. Pembungkusan dengan karung atau plastik berhukum wajib. Kecuali jika anda dari awal memang sudah punya niat untuk menjadikannya sayur nangka muda untuk gudhek atau sayur lodeh, anda bisa membiarkan buah nangka tanpa dibungkus.
Nangka Dipanen Muda Untuk Sayut

Nangka Muda Yang Sudah Dikupas

Lalat buah adalah penyebab busuknya buah nangka di pohon. Hama pengganggu yang ganas ini akan menyerang buah nangka saat masih muda, dengan meletakkan telurnya pada kulit nangka. Salah satu cara paling efektif menyelamatkan buah nangka anda dari serangan lalat buah adalah dengan pembungkusan menggunakan karung yang bagus (tidak rusak atau berlobang).

Kata Bijak
John Lennon
"Cinta itu seperti tanaman yang berharga. Kau harus teratur menyiraminya, sungguh-sungguh merawatnya, dan memupuknya."
--John Lennon, Musisi rock dari Britania Raya 1940-1980--

0 Response to "Buah Nangka Anda Busuk, Ini Cara Mengatasinya"

Post a Comment