Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Mudah dan Cepat

Saat anda berkeinginan untuk melamar suatu pekerjaan, surat lamaran adalah salah satu hal yang penting untuk disiapkan. Surat lamaran kerja ini bisa ditulis secara manual di atas kertas, diketik dengan laptop ataupun pc lalu diprint, maupun menggunakan bantuan email. Dari sekian cara tersebut, cara membuat lamaran kerja lewat email terbilang lebih praktis, cepat, dan mudah dilakukan.


Pada era serba online seperti sekarang ini, email tentunya sudah tak asing lagi. Anda bisa berikirim pesan ataupun berkas dengan memanfaatkaan layanan email ini. Email atau surat elektronik sangat membantu kegiatan anda dalam berinternet, tak terkecuali membuat surat lamaran kerja. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja cara membuat lamaran kerja lewat email berikut ini.

Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email


Berikut ini adalah cara membuat lamaran kerja lewat email selengkapnya untuk anda.

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat lamaran kerja lewat email ialah mempersiapkan berkas lamaran lengkap yang sudah discan. Berkas lamaran kerja lewat email ini terdiri dari beberapa hal, salah satunya ialah CV (Curiculum Vitae) atau daftar riwayat hidup. Dalam CV tersebut terdapat biodata yang meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, status pernikahan, tinggi badan, agama (opsional), pengalalaman bekerja, pendidikan terakhir, nomor HP, email, alamat domisili, keahilan yang dimiliki.

Selain CV, berkas lamaran kerja lewat email juga meliputi dokumen pendukung yang sudah discan. Adapun dokumen-dokumen yang harus discan atau disiapkan softcopynya diantaranya yaitu kartu identitas (KTP atau SIM yang masih berlaku), pas foto, ijazah pendidikan terakhir, transkrip nilai, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Surat Keterangan Sehat dari Dokter (opsional), sertifikat yang dimiliki (apabila punya), NPWP (jika ada), dokumen lainnya.

Langkah selanjutnya ialah menyatukan seluruh berkas lamaran kerja lewat email (CV dan dokumen hasil scan) dalam satu file Microsoft Word. Setelah berkas lamaran kerja disatukan, selanjutnya anda lakukan convert atau mengubahnya ke format PDF. Dengan begitu, berkas akhir lamaran kerja lewat email ini nantinya ialah dalam format PDF. Format ini terbukti paling aman, pada umumnya susunan isinya tidak akan berubah apabila sudah diconvert ke PDF. Tak hanya itu, ukuran filenya juga dapat ditekan menjadi kecil.

Setelah itu, anda masukkan file gambar ke dalam Microsoft Word. Anda klik tombol Insert, dan pilih Insert Image. Pilih gambar hasil scan yang telah dikompres. Adapun cara kompres gambar ialah dengan klik kanan gambar, pilih Open With, lalu Microsoft Office Picture Manager, pilih menu edit, dan Compress. Apabila sudah, simpan dokumen Microsoft Word, convert ke format PDF. Saat mengirimkan email, anda isi body email dengan posisi kerja yang anda lamar.

Motivasi Paguntaka
Jangan mengeluhkan permohonanmu yg belum terkabul, tetapi bersyukurlah atas apa yg kau dapatkan tanpa kau harus memintanya.

0 Response to "Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Mudah dan Cepat"

Post a Comment