4 Cara Menghadapi Interview Dengan Baik Agar Diterima Kerja

Interview atau wawancara merupakan proses yang umum dilakukan ketika melamar pekerjaan. Interview menjadi salah satu proses yang harus anda hadapi dengan baik supaya anda bisa diterima kerja dalam perusahaan ataupun bergabung dengan pihak tersebut. Maka dari itu, ketika anda hendak melakukan wawancara kerja, anda harus kuasai cara menghadapi interview dengan baik terlebih dahulu.


Anda harus mampu tunjukkan sikap dan karakter diri yang matang supaya anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Semua pertanyaan yang diajukan harus mampu anda jawab secara baik dan jelas. Anda harus yakin bahwa anda diterima. Jangan sampai anda merasa minder yang nantinya menghilangkan rasa percaya diri anda. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja beberapa cara menghadapi interview berikut ini.

Cara Menghadapi Interview


Berikut ini kami bagikan beberapa cara menghadapi interview selengkapnya untuk anda.

1. Datang Lebih Awal


Saat anda diundang untuk melakukan wawancara kerja, anda sebaiknya datang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan. Waktu luang yang ada sebelum interview kerja dimulai, bisa anda manfaatkan untuk mengatur emosi diri, mengendalikan stres yang tidak perlu, mengumpulkan pikiran supaya tetap fokus, dan juga menyempurnakan persiapan anda lainnya seperti pakaian hingga make up anda.

2. Jawab Dengan Singkat dan Jelas


Dalam sesi wawancara kerja, anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan. Kuncinya, anda jawab semua pertanyaan tersebut dengan singkat namun jelas. Adapun beberapa pertanyaan yang umum diutarakan ialah "Beritahukan kami tentang diri anda?, Apa yang Anda ketahui tentang kami?, Apa yang menjadi alasan anda hengkang dari perusahaan sebelumnya?, Berapa gaji yang anda minta?", dan masih banyak lagi lainnya. Usahakan anda bisa menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan sesuai dengan jalur. Jangan sampai anda memberikan jawaban yang justru akan menimbulkan pertanyaan baru atau bahkan membingungkan interviewer.

3. Minat dan Semangat


Ketika anda melakukan wawancara kerja, pastikan anda terlihat berminat dan memiliki semangat tinggi. Ekspresi wajah anda mampu mempengaruhi kesan interviewer terhadap anda. Maka dari itu, jangan tunjukkan ekspresi yang monoton. Hal ini dikarenakan tidak akan membuat interviewer berminat serta yakin akan kemampuan anda. Cerikan mengenai pengalaman yang sudah anda jalani dengan ekspresi yang begitu bersemangat dan yakinkan interviewer bahwa anda mampu sukses melakukan pekerjaan yang baru nantinya karena pengalaman di masa lalu.

4. Kuatkan Harapan


Biasanya sebelum wawancara dilakukan, anda harus isi lembaran formulir yang di dalamnya terdapat informasi tambahan yang diperlukan oleh perusahaan guna menyeleksi kandidatnya, hal ini termasuk salary dan fasilitas yang diharapkan. Sebaiknya anda jangan mematok harga yang tidak rasional. Anda ukur kemampuan anda terlebih dahulu. Kemudian simpulkan seberapa layak anda memperoleh salary dan fasilitas apabila diterima kerja.



Inspirasi Paguntaka
“Anda harus melalui hari ini dengan irama. Biarkan seluruh kehidupanmu berirama seperti lagu.”
--Sai Baba--
 

0 Response to "4 Cara Menghadapi Interview Dengan Baik Agar Diterima Kerja"

Post a Comment