Jumat Kedua Puluh Satu; Masjid Al Mujahidin, Karang Anyar Tarakan

Alhamdulillah, setelah terhenti beberapa jumat Info Paguntaka bisa melanjutkan kembali wisata religi Jumat Keliling Kota. Jumat kali ini masih di seputaran kota, Masjid Al Mujahidin Karang Anyar. Masjid yang terletak di keluarahan paling banyak jumlah penduduknya ini memang agak jauh dari jalan utama. Dari Jalan Slamet Riady masuk ke arah kampung bugis dalam, menyusuri jalan Matahari sekitar 500 meter dari pertigaan.

Ketika datang dan parkir motor, terlihat jamaah belum seberapa banyak memenuhi masjid. Azan pertama belum dikumandangkan. Setelah berwudhu, saya segera mengambil tempat strategis, di depan pintu sebelah selatan tepat di bawah loud speaker Masjid. Semoga bisa mendengar dengan jelas khotbah yang disampaikan.







Khotib, Ustad Solihin naik ke mimbar dan menyampaikan khotbah. Jamaah semakin banyak, memenuhi ruang utama  dan serambi depan. Pembukaan khotbah diawali dengan ucapan syukur dan dilanjutkan seruan untuk senantiasa bertaqwa dengan melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangannya. Khotib juga mengingatkan jamaah untuk terus melakukan amal kebaiakan, amal sholeh sebagaimana anjuran yang ada dalam tuntunan umat Islam, sehingga kita bisa menjadi rahmatan lil alamin.

Masjid Al Mujahidin yang berada diatas wakaf tanah seorang Hamba Allah ini didirikan pada tahun 1992. Terletak di RT 63 Karang Anyar dengan jamaah dari empat RT,  RT 62, 63 Karang Anyar dan RT 10, 20 Kampung Satu SKIP.
"TPA Miftakhul Ulum ada di depan samping Masjid. Tapi sebagian santri ada yang belajar di Masjid." Jawab Pak Lukman Hasyim pada Info Paguntaka menjelaskan keberadaan TPA.

Masjid Al Mujahidin setiap Malam Jumat rutin mengadakan pengajian Yasinan.  Bagaimana kalau pelaksanaan sholat jamaah lima waktunya?

"Alhamdulillah, meski tidak selalu penuh, Insha Allah sholat lima waktu rutin dilaksanakan di Masjid ini."

Sebelum pamit saya sempatkan mendokumentasikan interior masjid yang cukup bagus, dengan kaligrafi melingkar di sepanjang dinding atas ruang utama.

Semoga kita selalu diberi beri kesehatan dan rizki yang barokah, semoga kita bisa bertemu lagi di jumat  jumat yang akan datang Ustad.

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” 
(QS Al Anbiya’: 107)


Info Masjid
Masjid Tiban di Desa Turen, Kab. Malang, Jawa Timur memiliki arsitekturnya yang unik. Masjid ini juga memiliki sebuah kolam renang dan dilengkapi perahu, yang dikhususkan untuk wisatawan anak.Di dalam kompleks pesantren bahkan ada beberapa jenis binatang yaitu, monyet, kijang, burung dan ayam.



0 Response to "Jumat Kedua Puluh Satu; Masjid Al Mujahidin, Karang Anyar Tarakan"

Post a Comment