Senggani, Si Cantik Liar Berbung Ungu

InfoPaguntaka -- Awalnya saya tidak terlalu peduli. Berkali – kali melihat saya lewatkan begitu saja. Bahkan sering saya cabut atau potong begitu saja ketika bersih – bersih di kebun. Hingga akhirnya dari salah satu Group FB yang saya ikuti, ada seorang teman yang posting foto tumbuhan liar dengan bunga cantik yang berwarna ungu.  Senggani atau ada juga yang meyebut Karamunting adalah tanaman perdu dengan banyak cabang. Memiliki bunga ungu kemerahan yang sangat cantik. Tanaman ini memang tumbuh begitu saja di kebun atau di lahan pekarangan rumah. Karena termasuk tanaman yang gampang tumbuh, sering kita menganggapnya sebagai gulma yang tak berharga. 


Keliaran senggami ternyata tak sepenuhnya benar. Di beberapa daerah, banyak yang sudah mengadopsinya untuk ditanam sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman dan pekarangan rumah. Selain memiliki bunga yang cantik, senggani juga dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pahit ketika memasak daun pepaya. Daun senggani ternyata bisa menetralisir rasa pahit daun kates.
Tanaman dari suku Melastomaceae ini bisa tumbuh dengan tinggi 0,5 - 4 meter.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili: Melastomataceae
Genus: Melastoma Blume
Spesies: Melastoma candidum

Tanaman semak yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia ini bisa tumbuh baik pada daerah  dengan ketinggian 1650 dpl.  Tanaman ini memiliki daun tunggal yang tersusun berselang seling dengan helai daun berbentuk oval. Daun berujung lancip dan pangkal daun membulat serta tepi daun rata. Daun senggani memiliki tulang daun menyirip dan permukaanya kasar karena rambut-rambut pendek yang dimilikinya.

Bunga Senggani berwarna ungu kemerahan merupakan bunga majemuk. Bunga senggani tersusun dalam malai yang muncul di ujung cabang. Tiap malai terdiri dari 4 hingga 18 kuntum bunga. Buah senggani berwarna ungu kemerahan dan bersekat-sekat. Biji buah berwarna coklat dan berukuran kecil. Jika anda ketemu tumbuhan ini, coba rasakan seperti apa rasa buah dari tumbuhan liar ini. Dan bagi penggemar lalapan segar, coba sekali – sekali anda petik daun mudanya untuk lalapan segar. 

Inspirasi Secangkir Kopi

"Jadilah seperti kopi pagi ini. Walau sendiri, namun memberi ketenangan dan inspirasi tanpa henti."

0 Response to "Senggani, Si Cantik Liar Berbung Ungu"

Post a Comment