Friday, May 31, 2019

9 Manfaat EnTas ceng Gondok Yang Jarang Diketahui


Benar - benar tak ada yang sia – sia di dunia ini. Semua yang diciptakan Allah, Tuhan Yang Maha Mencipta selalu ada manfaatnya. Tentunya, jika ada yang tampak seperti tak berguna, itu disebabkan karena kita belum menemukan manfaatnya. Seperti juga Enceng Gondok atau sering disebut juga Eceng Gondok, sudah kenal kan tanaman gulma satu ini? Enceng Gondok tanaman pengganggu yang sering membuat kita jengkel ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Beragam manfaat dari tanaman yang ditemukan pada abad ke-18 di Eropa memang belum banyak yang mengetahuinya. Tak aneh orang lebih suka menganggapnya sebagai gulma yang harus diberantas habis.

Cantik Juga Bunganya

Pertumbuhan Enceng Gondok Yang Tak Terkendali dan Menutupi Air Kolam

Siapa Menyangka Tas Ini dari Enceng Gondok

Tas Cantik Dari Enceng Gondok
Baca juga: Jika Selembar Daun Enceng Gondok Dibeli Seharga Lima Ribu Rupiah

Dibawah ini beberapa manfaat Enceng Gondok yang perlu kita ketahui:

1. Enceng Gondok Mengandung Zat Makanan
Meski terlihat sebagai Gulma atau tanaman liar, Enceng Gondok ternyata memiliki banyak kandungan zat baik di dalamnya. Bahkan Enceng Gondok juga dapat dijadikan makanan. Dalam setiap 1 ons Enceng Gondok mengandung 18 kilo kalori, 1 gr protein, 3,8 gr karbohidrat, 80 mg kalsium, 45mg fosfor, dan 4 mg zat besi. Sebanyak 70%  dari bagian tanaman ini dapat dikonsumsi. Tentu diperlukan penelitian lebih lanjut tentang keamanannya jika dijadikan bahan makanan dan dikonsumsi oleh manusia.

2. Enceng Gondok Mengandung vitamin
Enceng Gondok juga mengandung vitamin yang dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Vitamin yang terdapat dalam tanaman ini adalah Vitamin A, B1, dan C. Vitamin  dalam Enceng Gondok ini tentu sangat dibutuhkan oleh manusia.

3. Enceng Gondok Sebagai Lahan bisnis kerajinan
Manfaat yang ketiga ini sepertinya sudah banyak yang tahu. Karena produk – produk kerajinan berbahan bahan Enceng Gondok sudah banyak ditemukan di pasar di berbagai daerah. Kreativitas  masyarakat Indonesia perlu mendapat acungan jempol karena kejelian mereka melihat peluang dengan memanfaatkan Enceng Gondok sebagai bahan dasar kerajinan. Di beberapa daerah Jawa tanaman gulma ini disulap menjadi tas, dompet, gorden dan taplak meja yang cantik dan unik. Bahkan beberapa pengrajin telah berhasil memasarkan produk mereka ke manca negara.

4. Enceng Gondok Sebagai Bahan pembuat Kertas
Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa Enceng Gondok bisa dibuat sebagai bahan baku pembuat kertas. Meskipun kertas yang dihasilkan dari Enceng Gondok memang tidak seputih kertas yang dihasilkan pada produksi kertas di pabrik. Hal ini dikarenakan proses pemutihan yang kurang efektif. Struktur kertas yang dihasilkan juga lebih mudah sobek, untuk menambah kekuatannya, masih diperlukan tambahan koran bekas yang di recycle menjadi pulp kertas ke dalam serat Enceng gondok sebelum dicetak.

5. Enceng Gondok Dapat menjadi pupuk organik
Meski merupakan keluarga tanaman, Enceng Gondok dapat menjadi pupuk organik bagi tanaman lainnya loh. Caranya dengan menghancurkan Enceng Gondok, kemudian dicampur bersama decomposer. Lalu lakukan proses fermentasi. Pupuk ini dapat dipakai untuk menyuburkan sayuran dan buah – buahan.

6. Enceng Gondok Sebagai Media Pertumbuhan Jamur
Jika anda suka membudidayakan jamur, anda bisa mencoba menggunakan Enceng Gondok sebagai medianya. Jamur yang dapat tumbuh di Enceng Gondok adalah Jamur Merang.

7. Enceng Gondok Dijadikan Obat Alami
Yang paling menakjubkan adalah Enceng Gondok memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Di antaranya radang tenggorokan, gangguan saluran buang air kecil, dan penyakit kulit. Caranya untuk mengobali radang tenggorokan dan saluran buang air kecil adalah dengan merebus tanaman Enceng Gondok. Dengan air kemudian minum airnya. Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit kulit caranya dengan hancurkan terlebih dahulu, kemudian beri sedikit garam, letakan pada bagian kulit yang sakit seperti bisul.

8. Enceng Gondok Untuk Makanan Ternak
Manfaat Enceng gondok telah lama digunakan untuk makanan ternak yang ada di perdesaan. Konsumsi Enceng gondok dapat membuat ternak tumbuh dengan baik karena kandungan nutrisinya.

9. Enceng Gondok Rumahnya Ikan
Ikan di sungai yang memiliki Enceng gondok sangat leluasa bertelur dan menjadikannya rumah tempat bersarang. Tidak heran ikan dapat berkembang biak dengan mudah pada Enceng gondok tersebut. Anda bisa mengaplikasikannya dalam kolam kecil di rumah. Dengan menanam beberapa Enceng Gondok ikan yang anda pelihara akan merasa lebih nyaman dan memanfaatkan sebagai tempat bersembunyi. Bahkan bagi beberapa jenis ikan tertentu, Enceng Gondok bisa menjadi bahan makanan yang bisa langsung mereka konsumsi

Kita memang harus terus berusaha untuk menggali lebih dalam lagi tentang manfaat Enceng Gondok. Terutama manfaat untuk bahan obat dan makanan. Jika kita berhasil, satu masalah alam karena gangguan tanaman gulma yang sering membuat pusing masyarakat ini bisa teratasi dengan sendirinya. Dan yang paling menarik lagi, pembudi dayaan Enceng Gondok sangat mudah dan nyaris tak memerlukan biaya.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon